Puluhan Jemaah Haji Ponorogo, Menantikan Penuh Harap untuk Melunasi Biaya Ibadah Haji

banner 468x60

Memo Madiun

Harapan suci menuju tanah suci Mekah ternyata masih menghadapi tantangan yang memilukan. Data yang tercatat di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo mengungkapkan bahwa puluhan jemaah haji masih belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1444 Hijirah/2023 Masehi.

Read More
banner 300x250

Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa sebanyak 65 jemaah haji masih memiliki tunggakan BPIH. Kondisi ini memaksa Kemenag Ponorogo untuk mengumpulkan 26 jemaah haji cadangan kedua pada hari Senin (8/5/2023). Mereka berharap agar jemaah haji tersebut dapat segera melunasi kewajiban mereka.

Marjuni, Kepala Bagian Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Ponorogo, mengungkapkan bahwa meski telah dilakukan batas waktu pelunasan pada tanggal 11 April hingga 5 Mei, masih banyak jemaah haji di seluruh Indonesia yang belum melunasi BPIH mereka. Keadaan ini menimbulkan keprihatinan yang mendalam.

“Direktorat PHU Kemenag telah memperpanjang batas waktu pelunasan. Batas waktu yang sebelumnya berakhir pada 5 Mei 2023 pukul 15.00 WIB, sekarang telah ditunda hingga 12 Mei 2023,” ujar Marjuni dengan nada prihatin.

Dalam rangka mengikuti aturan yang berlaku, Kemenag telah melakukan sosialisasi kepada jemaah haji cadangan untuk memasuki tahap kedua.

“Jemaah cadangan kedua juga memiliki hak untuk melunasi BPIH tahun ini. Mereka akan menjadi cadangan dan berpotensi berangkat tahun ini jika mereka dapat melunasi kewajiban tersebut,” ungkapnya dengan sedikit harapan.

Marjuni juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Ponorogo memiliki kuota 570 jemaah haji yang berhak melunasi BPIH. Namun, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), baru 505 jemaah yang telah melunasi, sementara 65 jemaah lainnya masih tertunggak.

Bagi jemaah haji cadangan kedua, mereka diwajibkan untuk menandatangani pernyataan kesiapan untuk berangkat atau tidak. Selain itu, mereka juga harus segera melunasi BPIH tahun 2023 ini, sebagai syarat utama untuk memastikan keberangkatan mereka.

Penuh harap dan doa, jemaah haji Ponorogo menanti dengan penuh keteguhan. Mereka berharap agar Allah SWT membuka jalan bagi mereka untuk melunasi kewajiban ibadah ini dan meraih kesempatan suci menunaikan haji di tanah suci.

Akses Gratis tiap pekan, Majalah Memo digital, e-Book Memo dan e-Course Memo Talenta , via Group WA Klikdisini, atau TELEGRAM Klikdisini

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *